7 Penyakit Kronis Di Usia Muda Dan Cara Mencegahnya



7 Penyakit Kronis Di Usia Muda Dan Cara Mencegahnya [ www.BlogApaAja.com ]

Serangan stroke, tulang keropos dan juga pikunsekarang bukan cuma penyakitnya orang tua. Akibat perubahan gaya hidup moderenyang semakin tidak sehat, penyakit-penyakit kronis semacam itu bisa jugamenyerang sejak usia sangat muda.

Beberapa jenis penyakit kronis yang bisamenyerang sejak muda beserta cara pencegahannya adalah sebagai berikut, sepertidikutip dari Foxnews :

1. Melanoma

Usai paling rentan: 50-an tahun ke atas

Bisa kena sejak: Remaja akhir serta usia 20-anawal

Melanoma adalah sejenis kanker kulit yang bisadihindari dengan tidak terlalu sering berjemur antara pukul 10 pagi hingga 2siang tanpa menggunakan tabir surya atau Sun Protecting Factor (SPF). SPF-30 lebihdisarankan, namun SPF-15 dianggap sudah cukup memberikan perlindungan.

2. Osteoporosis

Usia paling rentan: 65 tahun ke atas

Bisa kena sejak: 50-an tahun

Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisadicegah dengan memperbanyak asupan kalsium dan vitamin D, serta menghindarirokok. Olahraga teratur juga penting, karena otot yang kuat akan membanturangka tubuh dalam menopang berat badan.

3. Stroke

Usia paling rentan: 65 tahun

Bisa kena sejak: 20 hingga 30-an tahun

Lagi-lagi rokok termasuk faktor risiko padaserangan stroke di usia muda. Untuk mencegahnya, hidari rokok dan makanberlemak maupun bergaram, serta perbanyak konsumsi ikan yang banyak mengandungasam lemak omega 3. Asam lemak ini baik untuk jantung dan pembuluh darah.

4. Kanker payudara

Usia paling rentan: 45 tahun ke atas

Bisa kena sejak: remaja

Olahraga teratur, menjaga berat badan tetapideal, membatasi alkohol agar tidak berlebihan dan menghindari rokok bisamenurunkan risiko kanker payudara. Karena penyebab pastinya tidak diketahui,maka deteksi dini paling penting dilakukan dengan sering-sering meraba adanyabenjolan.

5. Alzheimer

Usia paling rentan: 65 tahun ke atas

Bisa kena sejak: 40-an tahun

Alzheimer adalah salah satu jenis kepikunanyang susah dilawan karena merupakan efek dari proses penuaan. Namun beberapahal bisa dilakukan untuk memperlambat kemunculannya, misalnya dengan rajinmengisi teka-teki silang, belajar bahasa asing dan juga bermain musik.

6. Asam urat (Gout)

Usia paling rentan: 50 hingga 60-an tahun

Bisa kena sejak: 30-an tahun.

Obesitas dan konsumsi alkohol merupakan faktorrisiko utama serangan gout di usia muda, sehingga berat badan perlu dikontroljika tidak ingin mengalaminya. Namun perlu diingat, diet ekstrem yang berdampakpada penurunan berat badan secara singkat dan dramatis juga bisa meningkatkanrisiko pengkristalan asam urat.

7. Diabetes tipe-2

Usia paling rentan: 40 hingga 50-an tahun

Bisa kena sejak: anak-anak!

Berbeda dari diabetes tipe 1 yang merupakankondisi bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 jauh lebih memungkinkan untukdicegah. Kuncinya hanya 2, yakni pola makan seimbang dan rendah kalori sertaaktivitas fisik yang juga seimbang dengan asupan kalorinya.


Follow On Twitter